DOKUMEN VISITASI PENDIDIKAN DASAR

A. PROFIL UNIT PENGELOLA PROGRAM STUDI

UPPS

  1. Dokumen mekanisme penyusunan VMTS UPPSPS (daftar hadir, notulen rapat, keterlibatan para pemangku kepentingan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat) a. PENETAPAN VISI, MISI, DAN TUJUAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BINA BANGSA GETSEMPENA b.Rapat Koordinasi Penyusunan Draft c. PENETAPAN TIM SOSIALISASI VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS BINA BANGSA GETSEMPENA
  2. Laporan sosialisasi VMTS UPPS (lengkap dengan berita acara, daftar hadir peserta, foto dokumentasi)
  3. Laporan RTM hasil survey pemahaman VMTS UPPS (lengkap dengan berita acara, daftar hadir peserta, foto dokumentasi)
  4. Rentra UPPS
  5. Renop UPPS tahun 2021, 2022, 2023,2024
  6. Laporan ketercapaian renop UPPS tahun 2021, 2022, 2023

B. KRITERIA

KRITERIA 2. TATA PAMONG, TATA KELOLA, DAN KERJA SAMA

  1. Dokumen kebijakan mutu
  2. Standar mutu UBBG SNDIKTI
  3. Manual mutu UBBG
  4. Formulir mutu UBBG
  5. Laporan AMI
  6. Laporan RTM AMI
  7. SK dan Sertifikat akreditasi di lingkungan FKIP
  8. Kerjasama Lokal a. Kerjasama Bidang Pendidikan 1) Dinas Pendidikan Provinsi Aceh 2) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar 3) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh b. Kerjasama Bidang Penelitian 1) SDN Kuta rentang Aceh Besar SDN Kuta RentangAceh 2) Dinas Pendidikan Provinsi Aceh 3) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar c. Kerjasama Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) 1) Dinas Aceh Selatan 2) Dinas Pendidikan Aceh Timur 3) Dinas Aceh Besar 4) Dinas Nagan Raya 5) Dinas Pendidikan Provinsi Aceh 6) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar 7) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh 8) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan d. Kerjasama Bidang Pengembangan Kelembagaan: SDM, Sarana/Prasarana, Publikasi, HKI, Paten, Teknologi Pembelajaran, dll 1) Dinas Pendidikan Provinsi Aceh 2) Dinas Pendidikan Aceh 3) Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh 4) Dinas Pendidikan Provinsi Aceh
  9. Kerjasama nasional a. Kerjasama Bidang Pendidikan 1) Universitas Majalengka 2) Universitas Alwashliyah Medan 3) Universitas Muslim Nusantara 4) Universitas Negeri Surabaya 5) Universitas Ahmad Dahlan 6) Universitas Cendrawasih 7) Universitas Negeri Jakarta 8) Universitas Negeri Medan (dokumen 1 dokumen 2 dokumen 3 dokumen 4 ) 9) Universitas Syiah Kuala 10) Universitas Guna Darma 11) Universitas Haji Sumatera Utara b. Kerjasama Bidang Penelitian 1) Yayasan Irwan Abdullah Cendikia (YIAC) 2) Universitas Sebelas Maret 3) Universitas Negeri Jakarta 4) Universitas Esa Unggul 5) Universitas Negeri Padang c. Kerjasama Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) 1) Universitas Negeri Medan 2) Universitas Negeri Jakarta d. Kerjasama Bidang Pengembangan Kelembagaan: SDM, Sarana/Prasarana, Publikasi, HKI, Paten, Teknologi Pembelajaran, dll 1) Universitas Negeri Medan 2) Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan 3) Universitas Negeri Padang 4) Irwan Abdullah Scholar Foundation
  10. kerjasama internasional a. Kerjasama Bidang Pendidikan 1) Fatoni University 2) Naruto University of Education Jepang 3) Literacy Study Center Of Ohio State University Amerika 4) Supravista Italia 5) University Kebangsaan Malaysia 6) Geo Drive 7) ICAIOS 8) TAIWAN EDUCATION CENTER b. Kerjasama Bidang Penelitian 1) Naruto University of Education Jepang 2) Literacy Study Center Of Ohio State University, Amerika 3) Fatoni University, Thailand 4) University Kebangsaan Malaysia 5) ICAIOS 6) TAIWAN EDUCATION CENTER 7) Pt Huawei Tech Investment c. Kerjasama Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) 1) Naruto University of Education, Jepang 2) Literacy Study Center Of Ohio State University, Amerika 3) Fatoni University, Thailand 4) University Kebangsaan Malaysia d. Kerjasama Bidang Pengembangan Kelembagaan: SDM, Sarana/Prasarana, Publikasi, HKI, Paten, Teknologi Pembelajaran, dll 1) Pt Huawei Tech Investment 2) TAIWAN EDUCATION CENTER 3) Internasional Cultural Communication Center Malaysia 4) Naruto University of Education, Jepang 5) Literacy Study Center Of Ohio State University, Amerika 6) Fatoni University, Thailand 7) University Kebangsaan Malaysia 8) ICAIOS 9) DECRA (ISO) OPERATES A QUALITY MANAGEMENT SYSTEM WHICH 10) Supravista Italia 11) Geo Drive
  11. Statuta UBBG
  12. Standar pelampauan Tata Pamong UBBG
  13. Kebijakan Tata Pamong, Kepemimpinan, Pengelolaan, Penjaminan Mutu, Etika, dan Integritas, UBBG
  14. SOTK
  15. SP3R
  16. Kebijakan Kerja sama
  17. Pedoman Pemilihan Rektor, Dekan dan Ka.Prodi
  18. Laporan sosialisasi SOTK
  19. Laporan Sosialisasi kebijakan Kerja Sama
  20. SOP Tata Pamong
  21. SOP Penyelesaian Pelanggaran Kode Etik Dosen dan Tendik **
  22. Renstra Kerja sama
  23. Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan
  24. Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan
  25. Struktur organisasi (PS, FKIP, LPM)
  26. SK Dekan dan Wakil Dekan
  27. SK Jabatan struktural di Prodi
  28. SK Pembentukan LPM
  29. SK TIM Mutu (Kepala LPM, SMAF dan PWMP)
  30. Dokumen Komitmen Bersama unsur pimpinan, Program studi, lembaga dan unit di lingkungan FKIP UBBG
  31. Laporan EDO setiap semester (EDO Pendas – Google Drive)
  32. Laporan Pengguna lulusan
  33. Kumpulan SK Kepemimpinan Publik setiap dosen Prodi dan pimpinan UPPS
  34. Laporan Survey kepuasan dosen terhadap manajemen UBBG
  35. Laporan RTM hasil survey kepuasan dosen terhadap manajemen UBBG
  36. Laporan Survey kepuasan tendik terhadap manajemen UBBG
  37. Laporan RTM hasil survey kepuasan tendik terhadap manajemen UBBG
  38. Laporan Survey kepuasan mahasiswa terhadap manajemen UBBG
  39. Laporan RTM hasil survey kepuasan mahasiswa terhadap manajemen UBBG
  40. Laporan Survey kepuasan lulusan/alumni terhadap manajemen UBBG
  41. Laporan RTM hasil survey kepuasan ulusan/alumni terhadap manajemen UBBG
  42. Laporan RTM hasil survey kepuasan pengguna lulusan terhadap manajemen UBBG
  43. Laporan survey kepuasan mitra terhadap pelaksaan dan manajemen kerja sama
  44. Laporan RTM hasil survey kepuasan mitra terhadap pelaksaan dan manajemen kerja sama

KRITERIA 3. MAHASISWA

  1. Dokumen sistem penerimaan/seleksi mahasiswa baru meliputi: 1) Kebijakan penerimaan mahasiswa baru 2) Kriteria penerimaan mahasiswa baru meliputi (a) IPK, (b) nilai TPA, (c) nilai Bahasa Inggris, dan (d) tes bidang keilmuan 3) Instrumen penerimaan mahasiswa baru 4) Sistem pengambilan keputusan
  2. Laporan sosialisasi kebijakan kemahasiswaan
  3. SOP Sipenmaru
  4. SK Panitia Sipenmaru
  5. Dokumen data program layanan dan pembinaan mahasiswa
  6. Kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan
  7. Laporan pelaksanaan kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan
  8. Laporan Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru
  9. Dokumen data mahasiswa reguler 5 tahun terakhir
  10. Daftar lulusan dalam 5 tahun terakhir termasuk IPK lulusan
  11. Dokumen laporan pelayanan kepada mahasiswa, antara lain: 1) Konseling (Ruangan) 2) Layanan Kesehatan (Ruangan) 3) Informasi dan Beasiswa (Ruangan) 4) Bengkel Ilmiah (Ruangan)
  12. Laporan Survey Kepuasanan Mahasiswa Terhadap Layanan kemahasiswaan
  13. Laporan RTM hasil survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan
  14. Laporan survey kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana
  15. Laporan RTM hasil survey kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana
  16. Laporan survey kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran
  17. Laporan RTM hasil survey kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran
  18. Laporan survey kepuasan mahasiswa terhadap dosen
  19. Laporan RTM hasil survey kepuasan mahasiswa terhadap dosen
  20. Laporan kepuasan mahasiswa terhadap dosen, tendik, pengelola dan sarpras (penetapan, instrumen, pelaksaan dan hasil, analisis. tindak lanjut, dan upaya peningkatan)
  21. Panduan/Kebijakan peningkatan Animo Mahasiswa
  22. Laporan UPPS dalam meningkatkan animo mahasiswa (2023 2024)
  23. Laporan evaluasi peningkatan animo mahasiswa
  24. Laporan RTM peningkatan animo mahasiswa
  25. Layanan pasca
  26. Daftar lulusan dalam 5 tahun terakhir termasuk IPK lulusan
  27. Dokumen data mahasiswa reguler 5 tahun terakhir
  28. laporan sipenmaru
  29. pedoman 4 layanan
  30. peraturan 
  31. SK Panitia Sipenmaru
  32. SOP-Sipenmaru-BBG
  33. INSTRUMEN SURVEY KEPUASAN MAHASISWA
  34. Laporan Kegiatan Unit Kemahasiswaan (Birmas)
  35. Laporan Kegiatan Unit Minat, Bakat dan Organisasi Kemahasiswaan 2023
  36. LAPORAN PELAKSANAAN DAN HASIL EVALUASI PENERIMA BEASISWA TAHUN 2023 UBBG
  37. Pedoman Animo BBG
  38. Pedoman-Sipenmaru-UBBG-2022

KRITERIA 4. SUMBER DAYA MANUSIA

  1. Dokumen Sistem Pengelolaan Sumber Daya Manusia
  2. Pedoman SP3R
  3. Laporan Sosialisasi SP3R
  4. Dokumen sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan
  5. Dokumen hasil monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan
  6. Dokumen pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.
  7. Instrumen Pengukuran Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan terhadap Manajemen SDM
  8. Dokumen Pelaksanaan Pengukuran Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan
  9. Dokumen Tindak Lanjut Hasil Pengukuran Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan terhadap Manajemen
  10. Pedoman BKD
  11. Ijazah S1, S2, dan S3 DTPS
  12. SK Jabatan Fungsional DTPS
  13. SK Sertifikasi DTPS
  14. SK dosen KBK (bidang Pendas)
  15. Bukti BKD 16 SKS DTPS
  16. Bukti Absensi Dosen Prodi Mengajar Sebanyak 15-16 Pertemuan
  17. Kumpulan SK Pembimbing Tesis Rasio 1:6 Mhs
  18. Bukti Prestasi/Kinerja Dosen Tingkat Wilayah/Nasional/ Internasional (> 80% DTPS memilki prestasi sebagaimana ditunjukkan dalam indikator: pembicara kunci, dosen tamu, nara sumber, konsultan, editor)
  19. Ijazah S1, S2 dan S3 Dosen tidak tetap
  20. SK jabatan Fungsional Dosen tidak tetap
  21. Renstra PT yang berisi perencanaan dan pengembangan DTPS
  22. Ijazah Tendik
  23. Sertifikat tendik (pengembangan kompetensi)
  24. Laporan monev kinerja dosen (tridharma) yang mencakup unsur-unsur sebagai berikut :
    1. Pengembangan proses pembelajaran (penyusunan kurikulum sampai dengan evaluasi pembelajaran)
    2. Pelaksanaan proses pembelajaran
    3. Memiliki agenda penelitian
    4. Melaksanakan penelitian
    5. Memiliki agenda PkM
    6. Melaksanakan PkM
  25. Prestasi sebagai dosen tamu, narasumber, pembicara kunci, narasumber, konsultan, editor tingkat nasional.
  26. Laporan Perekrutan dan Hasil Seleksi Penerimaan Dosen
  27. Laporan Perekrutan dan Hasil Seleksi Penerimaan Tendik
  28. Laporan Survey Kepuasan Dosen Terhadap Manajemen UBBG
  29. Laporan Survey Kepuasan Tendik terhadap Manajemen UBBG
  30. Laporan RTM Hasil Survey Kepuasan Dosen Terhadap Manajemen UBBG
  31. Laporan RTM Hasil Survey Kepuasan Tendik terhadap Manajemen UBBG
  32. LINK JURNAL DOSEN PENDAS

KRITERIA 5. KEUANGAN, SARANA DAN PRASARANA

  1. Pedoman sarpras UBBG
  2. Pedoman Pengelolaan Dana UBBG
  3. Laporan sosialisasi kebijakan keuangan dan sarpras UBBG
  4. Dokumen kebijakan tertulis yang mengatur pemerolehan, pengeloaan dan penggunaan dana.
  5. Dokumen monitoring dan evaluasi keuangan
  6. Dokumen pengelolaan prasarana dan sarana
  7. Daftar prasarana dan sarana pembelajaran
  8. Laporan perolehan dana UPPS yang berasal dari (a) Mahasiswa, (b) Usaha sendiri, (c) Pemerintah pusat dan daerah, (d) Sumber lain
  9. Laporan Penggunaan dana BOP ≥ 20 juta/mahasiswa/ tahun. b. BOPt ≥ 15 juta/dosen/ tahun. c. BOPkM ≥ 5 juta/dosen/ tahun d. BOPb ≥ 10 juta/dosen/tahun.
  10. Laporan Audit keuangan UPPS
  11. Laporan audit sarana dan prasarana UPPS
  12. Layanan sistem informasi (IT)
  13. Buku keamanan sistem Teknologi Informasi UBBG
  14. SOP Pemeriksaan Laporan Pertanggungjawaban Unit/Lembaga
  15. SOP Laporan Pengeluaran Anggaran
  16. Profil gedung UBBG
  17. Denah gedung UBBG
  18. Kumpulan KIR (Kartu inventaris ruangan)
  19. Laporan Survey kepuasan dosen dan tendik terhadap pengelolaan keuangan
  20. Laporan survey kepuasan dosen dan mahasiswa terhadap sarpras
  21. Kumpulan Laporan survey kepuasan tendik terhadap sarpras
  22. Laporan RTM hasil survey keuangan dan sarpras
  23. Laporan Prasarana (ruang kuliah, ruang lab microteaching, dan ruang perpustakaan) dalam jumlah yang memadai, berkualitas, dan terawat.
  24. Laporan sarana ((seperti LCD, alat laboratorium microteaching, referensi) dalam jumlah yang memadai, berkualitas, dan terawat.
  25. RENSTRA UBBG
  26. Buku Pedoman Keamanan TIK
  27. Daftar Prasarana Pembelajaran
  28. Data dan foto luasan UBBG
  29. FOTO DOKUMENTASI
  30. Kumpulan KIR
  31. Laporan hasil survei BUK
  32. Laporan Keuangan FKIP 2020-2022 (Audit eksternal)
  33. LAPORAN MONITORING DAN EVALUASI SARANA PRASARANA RUANG MAHASISWA 2024

KRITERIA 6. PENDIDIKAN

  1. Statuta UBBG
  2. Standar mutu SNDIKTI
  3. Buku panduan kurikulum UBBG (sosialisasi)
  4. Dokumen kebijakan pengembangan kurikulum
  5. Dokumen bukti dukungan UPPS dalam pengembangan kurikulum PS
  6. Kurikulum PS (profil lulusan, CPL, bidang kajian, daftar mata kuliah, dan perangkat pembelajaran)
  7. Dokumen evaluasi peningkatan kualitas kurikulum PS
  8. Bukti keterlibatan berbagai pihak (dosen, mahasiswa, alumni, stakeholder, asosiasi, kesepakatan prodi sejenis) dalam pengembangan kurikulum PS
  9. Laporan kegiatan tenaga ahli/pakar (sebagai pembicara tamu)
    1. Prof. Dr. Facrurrozi, M.Pd
    2. Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc
    3. Prof. Dr. Eko Sediono, M. Kom
    4. Prof. Yusni Saby, MA., Ph.D
    5. Prof. Dr. Mustanir, M.Sc
    6. Dr. Fauzan, M.A
    7. Syaridin, S.Pd.,M.Pd
    8. Dr. Asbaruddin, M.Eng
    9. Prof. Dr. Muhammad Hasan, M.Si
    10. Dr. Drs. M. Aryono Adhi, M.Si
    11. Prof. Dr. Asep Supena, M.Psi
    12. Assoc. Prof. Adrian Rodger,
    13. Prof. Madya. Dr. Roslinda Rosli
    14. Satoshi Kusaka, Ph.D
    15. Maroning Useng, Ph.D
    16. Aoron
  10. Dokumen analis dan evaluasi pemutahiran kurikulum melibatkan pemangku kepentingan internal dan eksternal, serta direview oleh pakar bidang ilmu program studinya
  11. RPS semua MK
  12. Nilai UTS dan UAS
  13. Laporan Monev pembelajaran
  14. Laporan RTM hasil monev pembelajaran
  15. Suasana akademik. Laporan kegiatan kuliah umum/studium generale, seminar ilmiah, bedah buku.
    1. Implementasi pengembangan buku ajar IPA Dasar Melalui model PBL berbasis TPACK di SD N kota Rentang Kab. Aceh Besar
    2. Penyuluhan penerapan model pemebelajran aktif, inovati, kreatif menyenangkan gembira dan berbobot
    3. Implementasi Kurikulum Merdeka
    4. Penguatan Mutu Pembelajaran: Implementasi HOTS dan TPACK di sekolah
    5. Kebijakan dan Manajemen Pendidikan
    6. Best Practices Kependidikan Dasar
    7. Sistem penilaian kelas/prose pembelajaran
  16. Contoh soal ujian dalam satu tahun terakhir
  17. Dokumen pelaksanaan tridarma
  18. Dokumen sistem pengembangan suasana akademik
  19. Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pembalajaran
    1. SIAKAD
    2. SPADA
  20. Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian dan PkM
  21. Dokumen mekanisme monitoring perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa)
  22. Laporan Penelitian DPTS yang terintegrasi dengan RPS (Pembelajaran)
  23. Laporan PKM DPTS yang terintegrasi dengan RPS (Pembelajaran)
  24. SK Tim monev Pembelajaran setiap semester
  25. Instrumen Monev Pembelajaran
  26. SOP Pelaksanaan Monev
  27. Dokumen panduan penilaian pembelajaran
  28. Dokumen sistem informasi dalam proses penilaian pembelajaran
  29. Buku bimbingan akademik
  30. Bukti bimbingan akademik sebanyak ≥ 3 kali dalam satu semester
  31. Buku panduan Tesis
  32. Bukti Bimbingan tesis sebanyak ≥ 12 kali oke
  33. Survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik
  34. Survey kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran
  35. Survey kepuasan mahasiswa terhadap dosen
  36. Laporan RTM hasil survey kepuasan mahasiswa terhadap dosen
  37. Laporan RTM survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik
  38. Buku Panduan Microteaching
  39. Data Rekaman Pembelajaran Mikro
  40. Instrumen Penilaian pembelajaran mikro
  41. Dokumen Panduan Penilaian Pembelajaran

KRITERIA 9. KELUARAN DAN CAPAIAN TRIDHARMA

  1. SK dan Laporan Yudisium
  2. IPK lulusan (minimum, maksimum, dan rata-rata)
  3. Laporan tracer studi
  4. Artikel ilmiah DTPS yang telah dipublish, dalam 3 tahun
  5. Produk atau Jasa Mahasiswa yang Ber-HKI atau Paten
  6. Bukti penghargaan DTPS berupa ( hibah, pendanaan program dan kegiatan akademik dari institusi internasional, nasional, wilayah dan lokal PT.
  7. Bukti prestasi mahasiswa dalam 3 tahun terakhir berupa (juara lomba ilmiah, olah raga, maupun seni tingkat internasional, nasional, wilayah, dan lokal PT)
  8. Artikel mahasiswa di jurnal nasional ber-ISSN
  9. Artikel mahasiswa di jurnal nasional terakreditasi Kemdikbud/Ristek- BRIN
  10. Artikel mahasiswa di jurnal internasional
  11. Artikel mahasiswa di jurnal internasional bereputasi
  12. Artikel mahasiswa dalam prosiding seminar lokal/perguruan tinggi
  13. Artikel mahasiswa dalam prosiding seminar nasional
  14. Artikel mahasiswa dalam prosiding seminar internasional
  15. Tulisan dosen di media massa lokal atau wilayah
  16. Tulisan mahasiswa di media massa nasional
  17. Pameran/pagelaran mahasiswa tingkat lokal/wilayah/perguruan tinggi
  18. Pameran/pagelaran mahasiswa tingkat nasional
  19. Pameran/pagelaran mahasiswa tingkat nasional
  20. Laporan Kepuasaan pengguna lulusan Pendas
  21. Laporan monev pembelajaran
  22. Laporan RTM hasil monev pembelajaran
  23. Laporan monev penelitian setiap semester
  24. Laporan RTM hasil monev penelitian
  25. Laporan Monev PKM setiap semester
  26. Laporan RTM hasil monev PKM
  27. Produk atau Jasa DTPS dan Mahasiswa yang Diadopsi oleh Masyarakat
  28. Luaran Mahasiswa Pendas (HKI)
  29. STANDAR MUTU UBBG SNDIKTI
  30. PEMBEKALAN KARIR
  31. MANUAL MUTU UBBG
  32. Laporan Tracer study 2023-2024
  33. Laporan RTM
  34. laporan ami
  35. KEBIJAKAN MUTU UBBG
  36. FORMULIR MUTU UBBG
  37. Berita Acara Sosialisasi Buku SPMI 

C. ANALISIS PERMASALAHAN DAN PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI

KRITERIA C

 

“Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa”